Mengenal Gejala Penyakit Parkinson

by dr. Deddy Andaka, Sp.S on April 11, 2013

Old hand - Parkinson's Disease

Mendengar kata “Parkinson” mungkin Anda akan teringat pada petinju legendaris Muhammad Ali yang didiagnosis Parkinson tahun 1984 ketika berusia 42 tahun. Gejala awal yang dirasakan Muhammad Ali kala itu adalah tremor atau bergetar pada tangan, suaranya kelu, dan gerakannya semakin melambat. Nah, pada tulisan kali ini kita akan mengenal gejala penyakit Parkinson.

Tentang Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson, pertama kali diperkenalkan oleh James Parkinson pada tahun 1817 dalam tulisan berjudul “An Essay on the Shaking Palsy“, adalah suatu penyakit neurodegeneratif yang disebabkan oleh berkurangnya kadar dopamin di otak. Dopamin merupakan suatu zat yang penting untuk menyampaikan sinyal antar sel saraf.

Gejala Penyakit Parkinson

Secara umum, tanda atau gejala penyakit Parkinson dapat dikelompokkan menjadi gejala motorik dan gejala non-motorik.

1. Gejala Motorik Parkinson

Gejala motorik penyakit Parkinson dikenal dengan singkatan TRAP, yaitu: tremor, rigidity, akinesia/bradykinesia, dan postural instability.

Tremor
Tremor pada Parkinson sering muncul pada tangan, dimulai dari satu sisi, saat pasien istirahat dan menghilang bila pasien menggerakkan tangan tersebut. Gerakannya seperti menghitung uang logam, atau dikenal dengan istilah pill-rolling. Tidak setiap tremor adalah gejala Parkinson. Tremor pada pasien Parkinson berbeda dengan tremor yang sering muncul pada orang tua, dimana tremor pada orang tua sering muncul ketika tangan digerakkan dan menghilang saat tangan beristirahat/diam.

Rigiditas
Pada pasien Parkinson akan muncul kekakuan pada otot anggota gerak akibat peningkatan tonus otot dimana ketika digerakkan secara pasif maka akan menunjukkan tahanan seperti fenomena roda bergigi.

Akinesia/Bradykinesia
Akinesia atau bradikinesia merupakan hallmark penyakit Parkinson berupa melambatnya reaksi dan gerakan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Gambaran lain bradikinesia dapat berupa nada bicara yang monoton, berkurangnya ekspresi wajah atau sering digambarkan sebagai wajah topeng, dan berkurangnya ayunan lengan ketika berjalan. Pasien akan mengeluh kesulitan untuk memasang kancing baju. Salah satu tanda yang juga sering dikeluhkan pasien Parkinson adalah tulisannya menjadi lebih kecil dari biasanya.

Postural instability
Pasien Parkinson memiliki postur tertentu dan mudah jatuh. Gaya berjalan dengan langkah kecil-kecil, badan agak membungkuk, kepala sedikit menunduk, dan ayunan tangan berkurang. Pasien akan kesulitan untuk menghentikan langkahnya secara tiba-tiba.

2. Gejala Non-motorik Parkinson

Banyak penelitian menyebutkan gejala non-motorik pada pasien Parkinson muncul jauh sebelum gejala motorik disadari. Namun gejala non-motorik ini sering diabaikan dan luput dari perhatian. Adapun gejala non-motorik Parkinson antara lain:

  • berkurangnya indera penciuman
  • kelelahan
  • sulit buang air besar dan berkemih
  • nyeri pada leher
  • gangguan mood atau perubahan suasana hati
  • gangguan tidur
  • berkurangnya daya ingat
  • berkeringat secara berlebih

Pengobatan Parkinson memerlukan waktu yang lama. Ketika awal-awal pengobatan respon terapi akan sangat baik, namun setelah menginjak masa pengobatan diatas 5 tahun, respon terhadap pengobatan sering kali berkurang. Jadi sangat penting untuk mendeteksi gejala awal dari Parkinson sehingga progresivitas atau perkembangan penyakit Parkinson dapat dihambat.

Be Healthy, Be Happy!

dr. Deddy Andaka, Sp.S

Dokter sekaligus Blogger. Seorang dokter asal Bali yang bertugas di Siloam Hospitals Bali, Jl. Sunset Road No. 818, Kuta. Senin-Sabtu, pk 13.00-20.00 WITA. Telepon (0361) 779900

More Posts - Website - Twitter - Facebook - Google Plus

  • LIa

    mau tanya dok… kalau saraf dibagian tangan atau telapak kaki sering berdenyut apakah itu normal.. denyutnya saraf tersebut yg terlallu sering membuat saya pegel2 pada tempat yg berdenyur. sprti halnya kalau kita terus-terusan cegukan yg tak bisa henti.

    • http://www.andaka.net/ Deddy Andaka

      Kurang jelas apa yang dimaksud dengan “saraf berdenyut”, kalau yang dimaksud adalah seperti hentakan pada otot2 tangan dan kaki, apalagi sampai tidak bisa dihentikan atau dikontrol, sebaiknya periksakan ke dokter.

  • arI

    olahraga atau terapi apa yang disarankan dok?

    • http://www.andaka.net dr. Deddy Andaka, Sp.S

      Terapi menyesuaikan dengan gejala yang ada, begitu juga dengan olahraga yang dianjurkan disesuaikan dengan grading atau tingkat keparahan penyakit Parkinson. Beberapa olahraga yang dianjurkan seperti aerobik dan bersepeda dapat dilakukan, untuk itu konsultasikan dengan dokter spesialis Saraf lebih lanjut.

Previous post:

Next post: