Select Page

Selamat datang di andaka.NET, sebuah “rumah” baru bagi saya untuk berbagi tentang informasi kesehatan. Sebenarnya cukup lama saya berkeinginan untuk memiliki wadah khusus untuk berbagi hal ini, namun karena satu dan lain hal baru bisa saya wujudkan saat ini.

Mengapa harus andaka.NET?

Mungkin sebelumnya Anda sudah mengenal andaka.COM sebagai blog pribadi saya. Di sana adalah tempat saya untuk menulis apa saja yang ingin saya ungkapkan. Namun hal tersebut membuat andaka.COM menjadi sangat gado-gado 🙂 Memang ada beberapa informasi kesehatan yang saya tulis di sana, namun terkubur di antara tulisan-tulisan yang lain. Biarlah andaka.COM dengan mottonya My Blog, My Rules, menjadi seperti itu. Tak perlu dipaksakan untuk menjadi sebuah blog kesehatan. Di sisi lain, keinginan masyarakat untuk mencari informasi kesehatan di internet terus meningkat. Dan yang perlu dicatat adalah: tidak semua informasi yang tersedia adalah benar. Masyarakat perlu jeli dan memilah-milah apakah informasi tersebut benar atau tidak.

Saya pernah mendapat kesempatan menjadi pembicara tentang “Blog, Trends in Health Professional Community” tahun 2008 lalu di Seminar Informatika Kesehatan yang diadakan oleh FK UNUD. Saat itu saya menyampaikan bahwa peranan dokter adalah sebagai sebuah apomediasi. Dokter berada di tengah antara ilmu kedokteran dan masyarakat. Ilmu kedokteran selalu berkembang. Apa yang hari ini diyakini benar belum tentu demikian adanya 10 tahun kemudian. Ilmu kedokteran juga banyak memiliki istilah-istilah yang bisa membuat masyarakat umum mengernyitkan dahi. Nah, disanalah dokter bersama blognya mengambil peran.

Dalam membuat sebuah tulisan kedokteran, sudah seharusnya dokter menulis berdasarkan keilmuannya. Dokter dibekali dengan ilmu Evidence-based Medicine (EBM), yang salah satunya adalah untuk menilai apakah informasi jurnal kedokteran yang didapat valid, penting, dan dapat diterapkan untuk masyarakat. Karena jangan sampai informasi yang tidak valid itulah yang menyebar di masyarakat dan menimbulkan mitos dan keresahan.

Ini adalah salam pertama – sebuah pengantar. Saya akan mencoba menyampaikan informasi kesehatan yang masih dalam ruang lingkup keilmuan yang saya dalami, Neurologi (Ilmu Penyakit Saraf), seperti misalnya tentang stroke, epilepsi, parkinson, tumor otak, demensia, dan hal lain yang terkait.

Be Healthy, Be Happy!

dr. Deddy Andaka