Select Page

Hari minggu kemarin (7 Mei 2017) aku datang ke rumah Prof.Tjandra Yoga Aditama, SpP(K), MARS, DTM&H, DTCE di dekat Humayun’s Tomb. Prof. Tjandra adalah mantan Dierjen di Kementrian Kesehatan yang kini bertugas di WHO dan berkantor di India (tentang beliau lebih lanjut bisa dilihat di sini).

Pada kesempatan ini aku juga bertemu dengan fellow orang Indonesia dari bagian lain. Ada Kardio dari Bandung (Unpad) yang sedang mengambil Kardiointervensi dan Bedah Saraf dari Surabaya (Unair) yang sedang mengambil Epilepsy Surgery. Juga ada beberapa mahasiswa/i yang tergabung dalam Perhimpuan Pelajar Indonesia (PPI) India – New Delhi. Sebagian besar mereka kuliah di Universitas Jawaharlal Nehru.

Berkumpul di sini seperti tidak sedang berada di negeri orang. Suasana kekeluargaan, penataan rumah, maupun makanannya Indonesia banget.

Dari sana, Prof kemudian mengantar kami ke Central Cottage Industries Emporium di Janpath dekat Rajiv Chowk, pusat tradisional handicraft India. Apa saja bisa ditemui di sana, dari kain, baju, patung, teh, buku, lukisan, sampai mebel juga ada. Kalau mau cari oleh-oleh dengan harga pas yang masih masuk akal konon di sini tempatnya. Dari sana kami kemudian berjalan kaki menyusuri pertokokan yang ada di sepanjang Janpath Rd. Mirip dengan toko-toko di sekitar pantai Kuta, mereka juga menjual berbagai macam pernak-pernik yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Kami juga sempat mampir ke Handloom Haat and Indian Cultural Centre, sebuah pameran kain dimana masing-masing daerah di India membuka stand dan menjual kain khasnya masing-masing. Ada satu daerah yang menjual kain yang mirip banget dengan kain Endek di Bali. Untuk hal ini, akan aku buatkan tulisan tersendiri.

Oke, segitu dulu, masih mencoba konsisten menulis di sela-sela kesibukan yang ada.

Namaste!

 

Gedung merah itu adalah Central Cottage Industries Emporium

Patung Tradisional Handicraft India

Buku Kama Sutra

Janpath Road

Banyak toko kecil menjual oleh-oleh khas India di sepanjang Janpath Rd